Jumat, 07 Desember 2012

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN GOW ANJANGSANA KE POSKO BENCANA KEBAKARAN KALIBOBO



GOW Nabire
Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Nabire, Kemaring Sabtu, melakukan anjangsana ke Posko Penanggulangan Bencana Kebakaran di Kompleks Pasar Sentral Kali Bobo, Kemaring Sabtu, 2 November 2012. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Nabire Ny. Yufinia Mote Douw, langsung bertatap muka dengan para korban kebakaran yang hampir sebagian besar yang hadir adalah ibu dan anak.


Melalui tatap muka tersebut, Ny. Yufinia Mote Douw yang juga Ibu Bupati Nabire, menyampaikan bahwa Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan bersama GOW Kabupaten Nabire bisa hadir di tempat ini karena ikut merasakan penderitaan yang bapak ibu dan anak-anak rasakan akibat bencana kebakaran. Ditambahkan pula bahwa kami mendengar bahwa yang menjadi korban ini adalah kebanyakan ibu dan anak, sehingga, kami hadir di tempat ini bersama-sama dan ingin berbagi rasa, kasih dan mendengarkan langsung apa keluh kesah secara langsung dari para ibu dan anak.

Lewat beberapa perwakilan ibu, Ibu yang sedang menyusui dan ibu hamil serta perwakilan kepala keluarga yang didampingi langsung oleh ketua KKSS Kabupaten Nabire (kebetulan mayoritas korban kebakaran adalah warga KKSS-red) disampaikan perincian kerugian material bahwa; tidak ada korban manusia, namun 29 rumah terbakar ludes dilahap si jago merah. Selanjutnya yang menghuni dalam 29 rumah tersebut 67 Kepala Keluarga yang terdiri dari 134 orang dewasa dan 93 orang anak. Setiap kepala keluarga rata-rata bermata pencahariannya adalah pedagang di Pasar Kalibobo dan nelayan. Harta kekayaan yang ludes terbakar milik para korban mencapai milyaran rupiah tanpa diselamatkan sedikit pun karena padatnya perumahan kompleks tersebut.

Pada kesempatan yang terpisah yaitu pada sore harinya ibu-ibu yang berasal dari GOW yang dipimpin langsung oleh Ibu Kepala Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Nabire, didampingi Bupati Nabire Bapak Isaias Douw, S.Sos. menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada setiap kepala keluarga sebesar Rp 600.000,- rupiah dan setiap anak diberikan sebanyak Rp 200.000,-. Penyerahan pertama dipercayakan kepada Bapak Bupati Nabire, Bapak Isaias Douw, S.Sos. dan Bupati mengharapkan kepada warga yang ditimpah musibah agar tetap tegar dan bersemangat menghadapinya, karena melalui musibah ini juga mungkin Tuhan merencanakan hal lain untuk bapak/ibu sehingga bantuan yang akan diserahkan ini kecil jumlahnya tapi inilah kepedulian dari Pemberdayaan Perempuan dan GOW Kabupaten Nabire untuk warga masyarakat Korban kebakaran di Pasar Kalibobo ini, singkatnya.

Kesempatan yang sama Ibu Douw (panggilan akrab Ny. Yufinia Mote Douw) mengharapkan juga bahwa bantuan ini dari sisi jumlah tidak seberapa, namun inilah bentuk  kepedulian dan niat baik Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Nabire bersama GOW Kabupaten Nabire, sehingga diharapkan dapat dipergunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak dan penting. Ditambahkan pula bahwa pihaknya tidak memberinya dalam bentuk materi kepada para korban karena pihaknya mengerti bahwa kebutuhan dari masing-masing orang dan keluarga berbeda sehingga gampang untuk dibelanjakan, terangnya. Ny. Maria Damiana Delima Tekege, bahwa Bapak Bupati Nabire dan Ibu Kepala Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Nabire menghimbau sekaligus meminta kepada semua pihak di Kabupaten Nabire yang mempunyai kelebihan rezeki agar supaya lebih peduli kepada sesama membantu meringankan penderitaan yang dialami seperti warga masyarakat KKSS di Kompleks Pasar Kalibobo ini, tandasnya.***













 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar